5012478_20130104093127

Menelusuri Goa Barat


Bro ane mau share nih… di kawasan  goa jati jajar ada wahana baru dan bagus … Nama nya Goa Barat. Goa Barat merupakan salah satu goa yang terdapat di kawasan Karst Gombong , Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Buat  yang seneng traveling dan kegiataan Advanture ane saranin buat nyobain dateng ke tempat ini .. dijamin ga rugi… untuk penelusuran maksimal 10 orang dengan bayaran Rp.30.000 per orang itu udah termasuk pakaian safety, headlamp, helm, spatu boot, dan quide yah itu terhitung murah gan di bandingkan sensasinya… sy jamin bro.

Berdasarkan keterangan warga , nama Goa Barat berasal dari bahasa jawa yang berarti Goa angin. Menurut juru kunci kenapa dberi nama Goa barat (Goa Angin) karena dari dalam goa selalu menghembuskan angin ke luar mulut Goa. Menurut penduuk setempat pada zaman penjajahan Belanda Goa ini pernah di jadikan tsebagai tempat pembuangan jasad-jasad penghianat bangsa (mata-mata Belanda).

5012478_20130104085455Gambar 1. Trek Goa barat.

Menurut petugas objek wisata jalur trek ini di petakan oleh tim dari perancis yang melakukan penelitian pada sekitar tahun 1880-an. Panjang goa mencapai 6,5 km jika dilakukan penelusuran memerluakan waktu 5 jam (pulang pergi).

5012478_20130104093127

Gambar 2. Pintu masuk Goa barat

Pintu masuk gua tidak terlalu lebar akan tetapi cukup mudah untuk dilalui. Sorry pintunya ga terlalu kliatan diblakang…. yg kliatan malah foto  romongan narsis.. hehehe. Trus dibawah ni ane tunjukin trek di dalam gua.

5012478_20130104094818

5012478_20130104101731

5012478_20130104094133

5012478_20130105065647

Gambar 3, 4, 5. Trek di Dalam Goa merupakan sungai bawah tanah, hal ini cukup umum memang  banyak dijumpai di kawasan Karst , dengan arus sungai bawah tanah yang cukup deras.

Akan tetapi Pemandangan di dalam goa juga cukup asik untuk diamati. Ornamen goa berupa stalagtit dan stalagmit banyak di jumpai. Ornamen ini terbentuk karena pealrutan oleh asam bikarbonat yang terbentuk dari reaksi antara air dan konsentrasi CO2 yang tinggi.

5012478_20130104094252

Gambar 6. Stalagmit

5012478_20130104094133Gambar 8. Stalagtit

Itulah berapa foto kenampakan di dalam goa barat… yg pengin kesana datang buruan kesana.. yak. makknyus pokoe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s