ALTERASi & MINERALISASI DI CIHONJE


Cihonje secara administratif berada di Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas merupakan salah satu daerah prospek penambangan emas di rangkaian Pegunungan Serayu Utara . Geologi daerah cihonje tersusun oleh batupasir , batulempung, napal dan tuff dengan sisipan breksi anggota Formasi Halang. Lokasi ini terletak di sekitar jalan Cihonje – Gumelar , pada morfologi bergelombang lemah. Batuan diaerah ini didominasi oleh batulempung. Pada bagian bawah hingga kedalaman 15 m berupa batulempung argilik putih keabu-abuan terbreksiasi, mineralisasi yang berkembang berupa silikat-kuarsa, pirit mengisi rekahan. Batulempung pada kedalaman 12 m setempat dijumpai urat kuarsa setebal 2-3 cm, kristalin , bereongga, berukuran halus. Pada bagian atas dekat permukaan batulempung argilik berwarna putih, bertekstur laminasi konvolut sebagai indikasi produk endapan turbidit distal yang diendapkan pada lingkungan laut dalam. Mineral sulfida pirit dijumpai mengisi rekahan. Kristal-kristal gipsum banyak dijumpai diatas permukaan tanah dengan penyebran tidak merata.

   Peta daerah Cihonje

Berdasarkan analisa XRD (X-ray Diffraction) dan AAS (Atomic Absorption Spectrometry)  di jumpai mineral kuarsa, gipsum, ortoklas, nakrit, pirit ke arah atas berkembang muskovit, kalsit, halloysit, dan dolomit. Tipe alterasi yang berkembang berupa silisifikasi dan argilik. Asosiasi mineral alterasi hidrotermal mengindikasikan telah terjadi penurunan pH, sushu hingga mencapai 100o – 200o C yang dapat disebabkan oleh pengaruh air meteorik yang lebih dominan dan berkembang sistem mineralisasi epitermal sulfida rendah. Hasil perhitungan nilai ishikawa alteration indeks dan pengeplotan nilai ishikawa alteration indeks dan CCPI pada alteration plot box menunjukan derajat alterasi meningkat ke arah kedalaman besar. Kandugan logam didalam batuan relatif rendah (Au < 0.05 ppm, Ag : 0.03 ppm, Cu : 0.017, Pb : <0.025, Zn : 0.01 ppm)

Proses ekstraksi emas pada tambang tradisional di Cihonje , kec. Gumelar

sumber gambar : willsonchanisimanjuntak.blogspot.com

 

 Sumur penambangan di daerah Cihonje

Sumber gambar :aanddianto.wordpress.com

sumber gambar  : willsonchanisimanjuntak.blogspot.com

Sumber artikel :

Click to access 2.pdf

PROSIDING PEMAPARAN HASIL PENELITIAN PUSLIT GEOTEKNOLOGI- LIPI 2009

JUDUL : ALTERASI DAN MINERALISASI DIDAERAH PERTAMBANGAN RAKYAT CIHONJE, KECAMATAN GUMELAR, KABUPATEN BANYUMAS BERDASARKAN ANALISIS KIMIA DAN MINERALOGI

Leave a comment